Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Untuk Membangun Generasi Berintegritas
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter di sekolah memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang berintegritas dan bertanggung jawab. Di samping ilmu pengetahuan akademis, nilai-nilai moral dan etika diajarkan kepada anak sejak dini, menjadi landasan yang kuat bagi kehidupan mereka. Tantangan yang kompleks di era globalisasi semakin menegaskan perlunya pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam kurikulum sekolah. Melalui berbagai metode dan strategi, seperti pengintegrasian nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum dan pelibatan orang tua, implementasi pendidikan karakter menjadi mungkin. Namun, tantangan finansial, resistensi, dan kesulitan dalam mengukur efektivitas program merupakan kendala yang perlu diatasi. Namun, dampak jangka panjangnya terhadap perkembangan individu dan masyarakat sangat signifikan. Pendidikan karakter di sekolah tidak hanya tentang menghasilkan siswa yang cerdas secara akademis, tetapi juga individu yang bermoral, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan global. Dengan komitmen yang kuat dari berbagai pihak dan evaluasi yang berkelanjutan, pendidikan karakter di sekolah dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi individu dan masyarakat
Downloads
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Aisyahrani, A. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Untuk Membentuk Generasi Muda Yang Unggul. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 1-12.
Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113-125.
Asyha, A. F., Mohamad, N., Tondowala, S. F. H., Putra, S. R., & Nugraha, A. R. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENANAMKAN NILAI NILAI LUHUR SEJAK DINI. EDU RESEARCH, 5(3), 592-601.
Erwinsyah, R. A. P., Taufiq, M., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 01-07.
Hazmi, J., Akbar, M. A., Hastuti, H., Roeslani, R. D., Adiningsih, B. S., Faida, N., ... & Juliana, J. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Fondasi Bagi Generasi Berintegritas. JCES (Journal Of Character Education Society), 7(4), 377-387.
Maharani, R. C., Subroto, D. E., Fany, A. Z. M., Nurhasanah, R. S., & Nova, L. (2025). Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Peluang Di Era Modern. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 3(1), 37-52.
Parhiyangan, A. P., Suptiani, Y., & Azmi, N. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah: Membangun Generasi Yang Beretika Dan Bertanggung Jawab. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 28-33.
Putra, C. A., Sulaicha, S., Saputra, F. L., Ramadhani, S. P., Ramadhani, S. E., & Kamala, W. F. (2024). Penerapan Program Sosialisasi Pendidikan Karakter Di SDN Musir Kidul. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 1(3), 28-41.
Saputra, A. D., & Tunnafia, A. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. PHENOMENON: Multidisciplinary Journal Of Sciences And Research, 2(02), 69-92.
Ul Khaira, A., Cynthia, D., & Sari, C. K. (2025). Membangun Generasi Berintegrasi: Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Nasional. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 120-127.