Perkembangan Pendidikan Dasar di Indonesia Sejak Kemerdekaan Hingga Kini
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dasar merupakan fondasi utama pembangunan bangsa. Sejak kemerdekaan, Indonesia telah menghadapi tantangan besar dalam menciptakan sistem pendidikan dasar yang merata dan berkualitas. Untuk mengkaji perkembangan pendidikan dasar Indonesia dari masa awal kemerdekaan hingga era Kurikulum Merdeka secara historis dan sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur (library research) dengan analisis isi tematik terhadap sumber ilmiah dan dokumen kebijakan tahun 2020–2025. Ditemukan bahwa pendidikan dasar telah mengalami transformasi signifikan dari sistem sentralistik menuju model yang lebih fleksibel dan kontekstual. Kurikulum dan kebijakan terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, meskipun ketimpangan akses dan kualitas masih terjadi. Kurikulum Merdeka membawa paradigma baru pendidikan dasar berbasis diferensiasi, teknologi, dan proyek, namun implementasinya masih menghadapi kendala struktural, khususnya di daerah 3T. Pendidikan dasar Indonesia menunjukkan kemajuan yang nyata, namun dibutuhkan strategi yang lebih efektif untuk mencapai pendidikan yang adil, adaptif, dan relevan dengan tantangan global
Downloads
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(02), 569–577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327
Andriani, & Mahani Mokhtar. (2019). Pelaksanaa Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Makassar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(02), 69–85. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.0102.08
Andriani, W. (2022). Reaktualisasi Kurikulum pada Abad Ke-21. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 72–77. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4523
Firmansyah, H. (2023). Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 05(03), 1230–1240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4910
Komdigi. (2024). Tingkatkan Konektivitas Daerah 3T, Kominfo Kaji Optimalkan 5G. https://www.komdigi.go.id/berita/pengumuman/detail/tingkatkan-konektivitas-daerah-3t-kominfo-kaji-optimalkan-5g
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 01(02), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Mansori. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar di Daerah 3T: (Studi Kasus di Desa Anyar, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten). Jurnal Pengabdian Masyarakat (PENGAMAS), 01(03), 251–261. https://doi.org/10.62207/0ahc9162
Maula, I., Leonardo Sari, A., Sisfiani Sarimin, D., S Rondonuwu, R. H., Al-Hikmah, S., Dua, B., Sirampog, K., Brebes, K., Tengah, J., Sunan Gunung Djati Bandung, U., Nasution No, J. A., Bandung, K., Barat, J., Kesehatan kementrian Kesehatan Manado, P., & W Mongisidi Malalayang II Manado, J. R. (2023). Pendidikan untuk Pemerataan Pembangunan: Memperjuangkan Hak Semua Anak. Journal on Education, 05(04), 13153–13165. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/2316/1943/
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(02), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Neuendorf, K. A. (2019). Content Analysis and Thematic Analysis. In P. Bough (Ed.), Advanced Research Methods for Applied Psychology (1st ed., Issue June, pp. 211–223). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315517971-21
Ranisa, S., Sintia, E., Andhika, M. Y., & Wahyudi, A. (2024). Manfaat Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 18(02), 163–175. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.41758
Suryaningrum, S. (2023). Penguatan Kapasitas Guru Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Wahana Dedikasi, 06(01), 165–172. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.11488
Tarigan, M., Alvindi, Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean. (2023). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 03(01), 149–159. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.753
Zamhari, Noviani, D., & Zainuddin. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 01(05), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42