Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Harian di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter merupakan landasan fundamental dalam mengembangkan kepribadian siswa secara komprehensif sejak jenjang sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan pendekatan kontekstual yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui kebiasaan harian disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan harian di SDN 1 Lepak yang berfungsi sebagai media internalisasi nilai karakter pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dari kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan harian seperti piket kelas, upacara bendera, senam pagi, sarapan bersama, literasi dan numerasi, kegiatan imtak, dan sabtu budaya mampu menanamkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggungjawab, nasionalisme, religiusitas, kerjasama, serta pelestarian budaya lokal. Kegiatan dilaksanakan secara terstruktur dengan peran aktif guru dan dukungan sekolah serta orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembiasaan melalui kegiatan harian di sekolah memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk karakter siswa secara berkelanjutan, serta menjadi model efektif untuk penguatan pendidikan karakter terintegrasi dalam budaya sekolah dasar.
Downloads
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Amelia, I., & Latif, L. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter dan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tumang. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 754–764. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.787
Azizah, W. N., Pranadita, D. H., Mitsaini, F., Kurniawati, W., & Husna, A. Al. (2024). Mendorong Pertumbuhan Sikap Kerja Sama dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Piket Kelas Dalam Memelihara Lingkungan di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 5169–5177. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1708
Dwijaya, R. A., & Rigianti, H. A. (2024). Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di Sekolah Dasar. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 509–522. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2524
Farhani, M. S., Abdurrachim, M. S., Maulida, A., Novianti, I. E., & Hopeman, T. A. (2024). Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.216
Farhurohman, O., Anggita Citra, R., & Afinatussakinah, S. (2024). Integrasi Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Era Society 5.O Di Sekolah Dasar. Ibriez Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 233–244. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.620
Hanifa, A. N., Nugroho, A. A., & Nuriafuri, R. (2024). Analisis Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 323–329. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.486
Hikmawati, F.(2020).Metodologi Penelitian.Depok: PT Raja Grafindo Persada
Islamudin, I., Risdamuddin, M., Yatimah, D., & Malik, A. (2025). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Yasporbi III Pasar Minggu. 04(01), 26–40.
Mustika, R., Ngulwiyah, I., M, T., & Setiawan, S. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Kegiatan Pembiasaan Perilaku Religi (P2R) Di Sekolah Dasar Negeri Jerang Barat Kota Cilegon. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 18–28. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.43956
Narvaez, D. (2024). Neurobiology and the Development of Human Morality: Evolution, Culture, and Wisdom. New York: W.W. Norton & Company.
Nur, L. N., Khairani, M. D., Muharramah, A., Laila, B. N., & HS, N. A. (2024). Edukasi Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Anak Usia Sekolah ( Pentasuka ) Di Sd Negeri 1 Gadingrejo Utara Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pengabdian Gizi Dan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.53823/jpgkm.v1i2.72
Riska, & Marwiah. (2022). Internalisasi Makna dan Nilai Budaya pada Cerita Rakyat Pangeran Barasa melalui Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal Konsepsi, 10(4), 396–406. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/146
Safrizal, S., Melfadila, M., Agustia, S., & Suryani, S. (2024). Pendampingan Pelatihan Instruktur Senam Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Nagari Padang Magek. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 141–149. https://doi.org/10.47776/praxis.v3i2.1428
Viola, O., Lusa, H., & Susanti, A. (2025). Internalisasi Nilai Kedisiplinan melalui Metode Pembiasaan dalam Upacara Bendera Siswa Kelas V SDN 34 Rejang Lebong. JURIDIKDAS : Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 8(1), 21–28. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v8i1.33869
Wahendra, B. P. (2022). Fenomena Internalisasi Nilai Karakter Religius dan Nasionalis Dengan Metode. Kapedas, 1(2), 45–51.