Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Peluang dan Hambatan di Sekolah Indonesia
Main Article Content
Abstract
Dalam era Revolusi Industri 4.0, teknologi telah menjadi komponen vital dalam pendidikan, namun penerapannya di sekolah-sekolah Indonesia masih menghadapi tantangan serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan hambatan dalam integrasi teknologi dalam pembelajaran di sekolah Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis isi tematik (thematic content analysis) terhadap literatur akademik dan laporan pendidikan 2020–2025. Teknologi terbukti meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, serta memperkuat kemampuan pedagogis guru. Namun, hambatan seperti infrastruktur terbatas, rendahnya literasi digital guru, dan kebijakan yang belum mendukung menjadi kendala utama. Integrasi teknologi memerlukan strategi kolaboratif yang melibatkan pelatihan guru, dukungan kebijakan, dan perencanaan infrastruktur yang merata agar penerapan berjalan optimal. Integrasi teknologi di sekolah Indonesia masih bersifat parsial dan perlu didukung oleh kebijakan strategis dan pendampingan yang berkelanjutan.
Downloads
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Asnawi, Y., Nisa, R., & Musfikar, R. (2023). Kesiapan Guru Dalam Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 07(01), 85–92. https://doi.org/10.22373/cj.v7i1.17821
Astuti, A., Firdaus, L. ., Hadriana, H., & Sumarno, S. (2022). Respons Peserta Didik terhadap Pembelajaran Online, Blended Learning dan Tatap Muka pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 2999–3013. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1771
Aswat, H., Masri, M., & Bella, B. (2023). Meningkatkan Motivasi Dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Kreatif Smartpoli Pada Materi IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 05(02), 1100–1107. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4871
Chafshah, N. A., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi. (2024). Integrasi Teknologi Dan Media Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Pendidikan Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04). https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19887
Darmawan, P. D., Aziz, M. F. R., & Aini, K. (2025). Kesenjangan Akses Teknologi di Sekolah: Tantangan dan Solusi dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital Berbasis E-Learning. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 01(02), 1–12. https://jurnalinspirasimodern.com/index.php/Zaheen/article/view/84/130
Faizah, H., Auzar, Mulya, O. H., Azaky, A., A, I. S., & Kadir. (2024). Dampak Kebijakan terhadap Keterbatasan Teknologi dalam Pendidikan di Pesantren. Jurnal Pendidikan Tambusai, 08(02), 23242–23251. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15399/11634
Firdaus, A. T. B., Rizal, M. A., & Rahman, T. (2025). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan : Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 03(01), 256–265. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i1.1347
Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(02), 589–597. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355
Funan, F. (2024). The Role of Educational Technology in Improving Access in Rural Areas: A Case Study of YPPK ST. Petrus Yarat Konya Maybrat Regency. Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities, 07(02), 489–495. https://doi.org/10.24815/jr.v7i2.37919
Gai Mali, Y. C., Kurniawan, D., Januardi, J. I., Swara, S. J., Lokollo, N. C. E., Picauly, I. A., Paramitha, N. G., Tanore, J. A., Dewani, M. S., & Pakiding, R. W. (2023). Issues and Challenges of Technology Use in Indonesian Schools: Implications for Teaching and Learning. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 07(02), 221–233. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i2.6310
Herniyastuti, & Kadir, A. (2022). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Solusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 27(02), 58–66. https://jurnal.pgsd.unipol.ac.id/index.php/home/article/view/49/41
Khalil, K., & Syah, R. (2024). Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Aksesibilitas Teknologi Informasi di Daerah Terpencil. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 09(06), 3448–3457. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i6.15410
Koesnandar, A. (2018). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Tik Pada Sekolah Di Daerah 3T Papua Dan Papua Barat Melalui Pendampingan Jarak Jauh. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(02), 177–198. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p177--198
Magdalena, I., Cakradinata, W., & Qorina, K. R. A. (2024). Desain Pembelajaran Bahan Ajar SD. Sindoro Cendekia Pendidikan, 03(04), 101–112. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i5.2173
Mulyanto, T. N. H. P., & Yoenanto, N. H. (2022). Kesiapan Guru Menuju Digitalisasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar Ditinjau dari Komponen TPACK. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Pemulihan Psikososial Dan Kesehatan Mental Pasca Pendemi, 01(01), 281–290. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/48
Nashrullah, M., Rahman, S., Majid, A., Hariyati, N., & Surabaya, U. N. (2025). Transformasi Digital dalam Pendidikan Indonesia: Analisis Kebijakan dan Implikasinya terhadap Kualitas Pembelajaran. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 07(01). https://doi.org/10.55352/mudir.v7i1.1290
Neuendorf, K. A. (2019). Content Analysis and Thematic Analysis. In P. Bough (Ed.), Advanced Research Methods for Applied Psychology (1st ed., Issue June, pp. 211–223). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315517971-21
Ningsih, E. P. (2024). Persepsi Guru Terhadap Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. EduTech Journal, 01(01), 17–24. https://doi.org/10.62872/3p9sk540
Nisak, S. K., & Rahmah, L. U. (2024). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi. PENA: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 01(01), 15–21. https://ejournal.almusthofa.org/index.php/pena/article/view/13
Ranisa, S., Sintia, E., Andhika, M. Y., & Wahyudi, A. (2024). Manfaat Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 18(02), 163–175. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.41758
Saltifa, P., Hidayah, O., Lestari, V. D., & Sari, I. P. (2025). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Transformasi Digital Di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(01), 177–184. https://doi.org/10.36835/jipi.v23iNo.1.4425
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 01(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). Metode Penelitian Kualitatif.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. In NilaCakra Publishing House, Bandung. Nilacakra. http://repo.stkipahsingaraja.ac.id/4/
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 09(01), 46–57. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Yu, Z. (2022). Sustaining Student Roles, Digital Literacy, Learning Achievements, and Motivation in Online Learning Environments during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(08). https://doi.org/10.3390/su14084388