Kebutuhan Inovasi Bahan Ajar IPS untuk Generasi Alpha: Studi Analisis Kesiapan Guru dan Sumber Belajar
Main Article Content
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi digital telah melahirkan Generasi Alpha, yaitu anak-anak yang lahir sejak tahun 2010 dan tumbuh selaras dengan teknologi yang canggih. Generasi ini memiliki karakteristik belajar yang visual, interaktif, dan adaptif terhadap teknologi. Sehingga menuntut transformasi dalam dunia pendidikan, terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ditingkat SMP seperti di SMP IT Nurul Huda NW Banjarsari. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesiapan guru dan ketersediaan sumber belajar dalam implementasi inovasi bahan ajar berbasis teknologi, serta mengidentifikasi apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mulai memanfaatkan berbagai media pembelajaran digital seperti video interaktif, aplikasi edukatif, platform digital untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan relevan dengan karakteristik generasi alpha. Namun, kesiapan guru dalam penguasaan teknis, inovasi pedagogis, dan kemampuan dalam merancang serta mengembangkan bahan ajar masih beragam.
Downloads
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Adhyara, P. K., Febriyanti, N. N., & Gloria, N. K. I. M. (2024). Pandangan generazi Z dan Alpha terhadap implementasi meme sebagai media pembelajaran inovatif dalam mewujudkan pendidikan berbasis tren. Proceeding of Seminar Nasional Riset Linguistik Dan Pengajaran Bahasa, September, 232–242.
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382
Amelia, A., Nasution, C. P., Dalimunthe, N. A., Putri, S. M., & Yuni, R. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Terhadap Pemahaman Materi Siswa Man 2 Model Medan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(3), 333–342.
Annisa, F. (2024). Pengarus Video Pembelajaran Berbasis Vlog Terhadap Keterampilan Memirsa Siswa Kelas IV Pada Materi Keragaman Budaya. 1–12.
Hafizah, N. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1675. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699
Hamzah, M. L., Gilman, B., Efendi, D. R., & Pratama, R. G. (2025). JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Development of Visual Video-Based Learning Media to Improve Students ’ Understanding of Economic Activity Material Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Materi K. 6(2), 575–582.
Isnaini, E. (2024). Pengembangan Sumber Belajar IPS Bentuk Majalah dengan Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP. Biomass Chem Eng, 152–153. http://eprints.uny.ac.id/18586/
Khair, M., Misara, A. A., Andini, A. P., & Azizah, N. (2024). Inovasi dan Pendekatan dalam Pembelajaran IPS. 8, 46877–46882.
Munadi, A., Badarudin, B., & Subhani, A. (2024). Strategi Pembelajaran IPS dalam Menanamkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1509-1533
Ningrum, K., Dewi, S. L., & Aminah. (2024). Pengaruh Literasi Digital, Self-Regulated Learning, dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Mutu Pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Bambel. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1782–1791. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/574
Nuryadin, M. A., Fairuz, F., & Sembodo, J. J. (2024). Metode Pembelajaran Khusus Untuk Generasi Alpha, Generasi Z dan Generasi Beta. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 9(4), 45–50.
Priyana, J. (2023). Tantangan Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Abad 21". Jurnal Inovasi Pendidikan, 1, 33–42. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.2886
Putri, R., Lestari, P. T., Anisa, D. S., Mustofa, R., & Maruti, E. S. (2024). Memahami Karakteristik Generasi Z dan Generasi Alpha : Kunci Efektif Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 320–325.
Ratnawati, L., Ali, M., & Subhani, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Keritis Peserta Dididk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Suluh Edukasi, 4(1).
Rifa, S. A. (2025). Literasi digital dalam peningkatan hasil belajar siswa generasi alpha di sdi ruhama.
Sari, S. I., Musifuddin, M., & Subhani, A. (2023). Aktualisasi Pembelajaran IPS Melalui Seni Hadroh Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MA Fathul Akbar NW Tempos. Jurnal Suluh Edukasi, 4(1)
Silaban, P. S. M. J., Berutu, D. N., & Daulay, S. A. (2025). Tantangan dan Pentingnya Implementasi Nilai Pancasila Pada. Jurnal Komprehenshif, 3(1), 355–362.
Tazkia, H., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Inovasi Pembelajaran Ips Di Era Digital : Menyisipkan Teknologi Dalam Pembelajaran Ips Learning Innovation in the Digital Era: Investigation of Technology in Learning. JICN : Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3116–3121. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Yuliana, Y., & Meliny, M. (2024). Analisis Kebutuhan Media dan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi dan Voice Over pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Terpadu Berkah Palangkaraya. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 17–20. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i2.2036