Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Pembentukan Karakter Siswa Autis di Sekolah Inklusi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas peran Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam membentuk karakter siswa autisme di sekolah inklusi. Siswa dengan spektrum autisme memiliki tantangan dalam aspek sosial, komunikasi, dan perilaku, yang secara langsung memengaruhi pembentukan karakter mereka. Kajian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai peran guru pendamping khusus dalam membentuk karakter siswa autis di sekolah inklusi. Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan temuan secara naratif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi observasi, wawancara, serta studi dokumentasi, subjek penelitian yang diguakan ialah siswa autism. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendamping Khusus memiliki peran krusial dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi khususnya di sekolah inklusi. Melalui pendekatan yang individual, konsisten, dan penuh empati, Guru Pendamping Khusus membantu siswa autis memahami aturan sosial, mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat, serta membentuk perilaku positif dalam interaksi sehari-hari. Sehingga dengan adanya Guru Pendamping Khusus ikut serta membentuk karakteristik peserta didik khusus dengan hambatan Autistic Spectrum Disorder (ASD).
Downloads
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Astuti, A. N., & Sumarni, S. (2020). Strategi Guru Pendamping dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2), 102–110.
Aziz, A., Hadi, Y. A., Ramdan, A. Y., & Triyanto, M. (2023). Implementasi Permainan Tradisional Dengklak Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Autis Usia Dini. Jurnal PINUS, 1(3), 249–251. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/18798
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Dianita Syifa, Ghina Agustin Rahayu, S. M. (2024). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Autisme Dan Adhd. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 14–22.
Hanaa, H., & Mia Evani, E. (2022). Peran Penting Guru Pembimbing Khusus Dalam Pendidikan Inklusi Di SDI Al-Muttaqin. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 167–171. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p167-171
Indriyani, L. T., Setyowati, R. D., Palyanti, M., Asvio, N., & Aryati, A. (2023). Pembentukan karakter pada anak berkebutuhan khusus. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 37–44.
Iswari, A., Rahayu, A. Y., & Prasetyo, I. (2021). Komunikasi anak autisme dalam lingkungan sekolah inklusif. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 45–53.
Julia Ayu Puspita, & Nova Estu Harsiwi. (2024). Analisis Peran Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner dalam Pembelajaran Kelas 1 di SD Muhammadiyah 2 Socah. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 120–129. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2852
Kriswanto, D., Suyatno, & Sukirman. (2023). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar: Analisis Faktor-Faktor dan Solusi yang Ditawarkan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3081–3090. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6167
Maharani, A., & Nadhirah, Y. F. (2024). Analisis Karakteristik Anak Autisme (Anak Berkebutuhan Khusus) di SKH 01 Kota Serang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 231–234. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4723
Nurfadhillah, S., Nur Syariah, E., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Ashabul Humayah Manjaya, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 459–465. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Putri, R. N., & Nurani, Y. (2021). Pendekatan Sosial-Emosional bagi Anak Autis di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 34–45.
Rakhmawati, N., & Mulyadi, E. (2020). Tantangan Guru Pendamping Khusus dalam Implementasi Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 231–240.
Saskia, Y., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Peran Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2203–2209. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.592
Yunitasari, S. E., Emelda, Nofrianto, R., Heryani, Y., & Hafid, Y. P. (2024). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 347 Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mendukung Program Inklusi di TKIT Lentera Insan CDEC Depok. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 347–352. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara