Kajian Kebutuhan Bahan Ajar IPS Berorientasi Masa Depan: Pendekatan Kritis terhadap Isu Sosial Global

Main Article Content

Baiq Eka Kurnia Hadiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang berorientasi masa depan di SMAN 1 Wanasaba melalui pendekatan kritis terhadap isu-isu sosial global. Kurikulum Merdeka menuntut pembelajaran yang tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga transformatif dan kontekstual dengan kehidupan nyata peserta didik. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa bahan ajar IPS yang digunakan di SMAN 1 Wanasaba masih bersifat tekstual dan belum secara optimal mengintegrasikan isu-isu sosial global seperti perubahan iklim, ketimpangan sosial, digitalisasi, dan konflik kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Teknik analisis Mile dan Huberman dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner guru dan siswa. Hasil kajian menunjukkan adanya kebutuhan mendesak akan bahan ajar yang mendorong kemampuan berpikir kritis, kesadaran global, dan keterampilan abad 21. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar IPS yang responsif terhadap dinamika sosial global dinilai penting untuk mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila secara lebih bermakna dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles

References

Annur Rosida Siregar, Emilia Susanti, Irma Fitriani, Nurul Annisah, Nanda Lubis, & Aldi Juliaska. (2024). Tantangan Pendidikan IPS di Era Globalisasi. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 315–328. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2665

Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203

Fadhil Mahesa Ali, Tiara Lie Kamilatin, Oryza Sativa, Ervina Suhendar, Mujahidah Afifah, Tazkia Riska Alviana Azhari, Muhammad Chairil Abdul Aziz, & Fatimah Nur Khilafah. (2025). Peningkatan Literasi Digital Siswa Melalui Edukasi Cara Membedakan Hoaks dan Fakta: Studi Kasus di SMP Al Muttaqien Bogor. HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 2(2), 210–216. https://doi.org/10.62180/gq27y142

Hamna, Putri Syawalia, Ade Novita, & Reski Amalia. (2025b). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Sosial pada Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (Sinova), 3(02). https://doi.org/10.71382/sinova.v3i02.249

Izza Lathifah, Hodri Fungkiuudin, Rizqi Trisnaningtyas, Rizky Yus Setiawan, Nilna Afifatul Alfiyah, Lailatul Muthoharoh, & Nafi’ur Rohman. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS Di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.784

Khairunisa, N., Djumhana, N., & Giwangsa, S. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi pada Model Pengembangan Socialinquiry untuk Meningkatkan Berpikir Kristis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 73.

Marwiji, M. H., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Dalam Bidang Kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Penerapannya. Jurnal Educatio, 9(4), 2194. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.6283

Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368

Munadi, A., Badarudin, B., & Subhani, A. (2024). Strategi Pembelajaran IPS dalam Menanamkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1509-1533.

Nurhafsah, N., Idawati, I., & Nawir, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Materi IPS. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 150–162. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1321

Pigai, A. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Mengintegrasikan Isu-Isu Global Pada Pembelajaran Ips Di Sdn Inpres Kalibobo. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(4), 1–23.

Ratnawati, L., Ali, M., & Subhani, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Keritis Peserta Dididk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Suluh Edukasi, 4(1).

Safitri. (2022). Pengembangan media bahan ajar E-Lkpd interaktif menggunakan website wizer.me pada pembelajaran Ips materi berbagai pekerjaan tema 4 kelas IV SDN tanah kalikedinding II. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29.

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 22–46. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1078

Sari, S. I., Musifuddin, M., & Subhani, A. (2023). Aktualisasi Pembelajaran IPS Melalui Seni Hadroh Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MA Fathul Akbar NW Tempos. Jurnal Suluh Edukasi, 4(1).

Septiana, N., Chandra, N., Utami, M., Suntari, Y., Majalah, P., Berbasis, E., Dalam, K., Pelajaran, M., Kelas, I., & Dasar, S. (2023). Pengembangan Majalah Elektronik Berbasis Kontekstual Dalam Muatan Pelajaran Ips Kelas V Sekolah Dasar. ETJ (Educational Technology Journal) |, 3(1), 40–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Sastra Agustika, G. N. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370