Peran Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pengabdian Kepada Masyarakat

Authors

  • Raodatul Sa'adah Universitas Hamzanwadi Author
  • Armin Subhani Universitas Hamzanwadi Author
  • Lalu Parhanuddin Universitas Hamzanwadi Author

Keywords:

Manajemen, Kualitas, Pengabdian, Masyarakat

Abstract

Manajemen berperan penting dalam meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat melalui pengambilan keputusan yang tepat, pengelolaan sumber daya yang efisien, dan pengembangan program sesuai kebutuhan masyarakat. Manajemen harus mampu mengidentifikasi dan memprioritaskan kebutuhan masyarakat berdasarkan data yang akurat. Pengelolaan sumber daya yang efisien penting untuk keberhasilan pengabdian, dengan alokasi optimal tenaga kerja, waktu, dan dana. Program yang relevan dan tepat sasaran memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi. Evaluasi berkelanjutan memungkinkan manajemen menilai efektivitas program dan memperbaiki area yang perlu, sehingga pengabdian kepada masyarakat selalu relevan dan berdampak positif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, S. R., . H. S., Amalya, N. T., . E. M., & . I. N. (2021). MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DAN MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Lokabmas Kreatif : Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2). https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v2i2.p98-114.11655

Avianto, B. N., Noverita, N., Saribanon, N., Pangesti, B. W., Kifayah, H., Nuraeni, E., & Kamila, A. I. (2023). Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Koperasi dalam upaya Pemberdayaan Anggota BMT Kota Depok. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i2.85

Haryanti, N., & Soebiantoro, S. (2023). Ketahanan Ekonomi Masyarakat Melalui Daur Ulang Sampah di Bangoan Collection Center Tulungagung Jawa Timur. Journal of Community Service and Society Empowerment, 1(02). https://doi.org/10.59653/jcsse.v1i02.247

Herumurti, D., Kurwardayan, I., Hariadi, R. R., Yunanto, A. A., & Arifiani, S. (2019). Ekspansi Pemasaran dan Pembuatan Sistem Manajemen Keuangan pada UMKM Makanan Ringan UD Bawang Mas Berbasis Teknologi Informasi. SEWAGATI, 3(2). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i2.5900

Nilawati, I., Amin, N., Tantra, A. R., & Kristiningrum, W. (2023). PELATIHAN PENGENDALIAN ORGANISASI PENGELOLAAN KLUB RENANG TIRTA GEMILANG SEMARANG. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12). https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i12.1873

Purwantoro, H. (2023). Pelatihan Manajemen Organisasi untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam Berwirausaha Ditengah Masyarakat. BERDAYA EKONOMI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Wisnasari, S., Ariningpraja, R. T., & Susanto, A. H. (2023). PEMBERIAN EDUKASI KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PERAN KELUARGA DALAM MANAJEMEN PENGOBATAN LANSIA DENGAN DIABETES MELLITUS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14886

Zahri, C., Nasution, U. H., Sopang, F. I., & Junaidi, L. D. (2023). PEMBENAHAN MANAJEMEN DAN TATA KELOLA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2535

Downloads

Published

2025-06-23