Penguatan Literasi Menulis dan Speaking melalui Teras Literasi dan ESP pada Mahasiswa Bahasa dan Peserta Pelatihan di Desa Sikur

Authors

  • Siska Ayu Ningsih Author
  • Laila Hafizah Maulida Author
  • Intan Febriantari Putri Kedang Author
  • Muhammad Wirahadi Author
  • Eva Nurmayani Universitas Hamzanwadi Author

Keywords:

writing literacy; , ESP;, speaking competence; , language development.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi literasi menulis dan kemampuan speaking melalui integrasi Teras Literasi dan English for Specific Purposes (ESP) pada mahasiswa bahasa dan peserta pelatihan di Desa Sikur. Program dirancang berbasis kebutuhan nyata peserta, dengan pendekatan pelatihan partisipatif dan evaluasi formatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan menulis akademik dari 40% menjadi 82%, serta peningkatan kemampuan speaking dari 35% menjadi 80%. Temuan ini selaras dengan penelitian yang menegaskan pentingnya analisis kebutuhan dan penggunaan materi autentik dalam ESP untuk peningkatan kompetensi komunikasi. Program ini juga memperlihatkan bahwa literasi digital berperan penting dalam memperkuat pembelajaran bahasa berbasis kebutuhan kerja. Secara keseluruhan, integrasi Teras Literasi dan ESP terbukti efektif dalam membangun kemampuan komunikasi tulis dan lisan yang relevan dengan kebutuhan akademik maupun dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daulay, E., Nasution, S. S., & Rahmawati. (2024). Improving Students’ Proficiency in Teaching for English Specific Purpose. VISION: Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 20(1), 47–56.

Hidayati, S. R., Sangkala, I., & Baso, F. A. (2024). The Students Need for English for Psychology Learning in ESP Context. Indonesian Journal of English for Specific Purposes, 1(1), 25–30.

Juliana, R. (2020). Analisa Kebutuhan English for Specific Purpose untuk Pendidikan Vokasi. Vocatech: Vocational Education and Technology Journal, 1(1), 47–50.

Kusuma Dewi, L. P. D., Purnamika Utami, I. G. A. L., & Santosa, M. H. (2024). The Importance of Digital Literacy Skills in the Context of Learning English for Specific Purposes: A Systematic Review. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(8), 3006–3015.

M Nur. (2018). Penerapan ESP di Perguruan Tinggi Umum (Non-English Majors) melalui Content-Based Instruction. Mabasan: Jurnal Bahasa dan Sastra, (Vol & Issue tidak tersedia)

Saptiany, S. G., & Prabowo, B. A. (2024). Speaking Proficiency Among English Specific Purpose Students: A Literature Review on Assessment and Pedagogical Approaches. LITERACY: International Scientific Journals of Social, Education and Humaniora, 3(1), 36–48.

Solihah, Y. A., Kartika, V. D., & Setiawan, F. (2023). Challenges on Teaching and Learning English for Specific Purposes (ESP) for Indonesian Undergraduate Students. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 13(1), 50–67.

Suri, E. M., & Bawamenewi, D. K. (2025). Implementasi English for Specific Purposes (ESP) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ekasakti Padang. Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian (EJPP), 5(2), 278–287.

Trisyanti, U. (2009). Course Outline to Develop a Material for ESP Class Using Authentic Sources. Jurnal Sosial Humaniora (JSH)

Ulinuha, A., & Parnawati, T. A. (2024). Exploring Dentistry Students’ Mastery of Speaking English Using Artificial Intelligence in ESP Context. Indonesian TESOL Journal, 7(1).

Downloads

Published

2025-09-30