Workshop Penggunaan Tolls Google Map Untuk Hemat Transportasi Dan Akomodasi Study Tour Mandiri Ke Luar Negeri

Authors

  • Armin Subhani Universitas Hamzanwadi Author
  • Ahmad Subhan Nurabrori Universitas Hamzanwadi Author

Keywords:

literasi digital, google maps, studi mandiri, efisiensi biaya, perencanaan perjalanan

Abstract

Kegiatan  studi tour mandiri ke luar negeri semakin diminati oleh mahasiswa dan masyarakat umum. Namun, keterbatasan keterampilan dalam menggunakan tools seperti Google Maps menyebabkan banyak peserta mengalami kesulitan dalam perencanaan perjalanan yang efisien dan hemat. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital peserta dalam memanfaatkan fitur-fitur Google Maps untuk menyusun rencana transportasi dan akomodasi yang optimal. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop online yang diikuti oleh 11 peserta (2 mahasiswa dan 9 masyarakat umum). Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta menggunakan Google Maps untuk perencanaan perjalanan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S. I., Lontaan, R. J., Supit, V. V., & Kolibonso, S. C. (2024). Pengembangan Aplikasi Kiosk Informasi Dan Navigasi Digital Untuk Universitas Klabat Berbasis Progressive Web Apps. CogITo Smart Journal, 10(2), 393–402.

Agoes, A., & Putra, N. P. (2025). Peran Biro Perjalanan Wisata Terhadap Pelaksanaan Study Tour Sekolah: Studi Kasus di Fama Tour. Manajemen Dan Pariwisata, 4(1), 36–45.

Febriyanti, R. H., & Sundari, H. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dengan Metode Action Research Berbasis Daring. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(6), 618–635.

Mudzakir, M., Sugiarto, A., & Sutikno, S. (2025). Efektivitas Pendekatan Andragogi Dalam Meningkatkan Pengamalan Ajaran Islam. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 6(01), 62–78.

Nurmilah, R. (2018). MENINGKATKAN SELF DIRECTED LEARNING MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI MATEMATIKA STKIP PGRI JOMBANG. JOURNAL PROCEEDING, 4(1).

Phuangsuwan, P., Siripipatthanakul, S., Chaiprakarn, S., & Puangsang, M. (2024). Investigating Intentions to Use Google Maps for Travelling among Users. RMUTT Global Business and Economics Review, 19(1), 91–110.

Picauly, V. E. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital:: Tantangan dan Peluang. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1528–1535.

Putri, N. M., Listiawati, W., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh literasi digital terhadap pemberdayaan masyarakat dalam konteks sdgs 2030. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 349–360.

Ramdani, A. L., Widyantoro, D. H., & Munir, R. (2024). Optimalisasi Rekomendasi Rute Pada Perencanaan Perjalanan Wisata: Studi Pustaka: Optimization Route Recommendation-Based Tourist Trip Design Problem: A Literature Study. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(2), 515–525.

Samin, S. (2024). Analisis Rute Pengangkutan Sampah Domestik Kota Malang Berbasis Aplikasi Google Map. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 949–958.

Senaratne, H., Mobasheri, A., Ali, A. L., Capineri, C., & Haklay, M. (2017). A review of volunteered geographic information quality assessment methods. International Journal of Geographical Information Science, 31(1), 139–167.

Soro, S. H., Suherman, M., Apiyanti, P. D., & Budiman, D. (2024). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris (Studi Kasus Siswa Level 3 Rumah Belajar Edukita Kota Bandung). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2289–2296.

Subhani, A., & Nurabrori, A. S. (2025). PERAN BIOSKOP SEBAGAI LITERASI WISATA DAN SPASIAL: PENGALAMAN DAN PEMAHAMAN MAHASISWA MELALUI SINEMA. SeBaSa, 8(1), 287–310.

Tosun, A., & Gökçe, N. (2024). Improving Spatial Thinking Skills of Gifted Students Through Social Studies Course: An Instructional Module. Egitim ve Bilim, 49(220), 17–58.

Downloads

Published

2025-06-23