Peningkatan Literasi Digital Untuk Guru di Sekolah Dasar Melalui Program PKM
Keywords:
Literasi Digital, PKM, Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Literasi digital sangat penting di sekolah dasar karena membantu anak-anak menggunakan teknologi secara efektif untuk belajar dan mengembangkan kreativitas, pemecahan masalah, serta pemahaman tentang etika dan keamanan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pengembangan kompetensi guru Pekat. Program ini meliputi beberapa tahapan, antara lain tahap persiapan yang meliputi survei dan studi analisis situasi. Tahap ini meliputi pencatatan jumlah guru, pangkat, artikel, dan metode pembelajaran. Hasil pelatihan yang dilakukan diantaranya: 1) meningkatkan kemampuan pendidik untuk secara mandiri menemukan dan menilai materi pembelajaran digital. Guru diajarkan cara menemukan dan mengunduh makalah dari jurnal nasional, serta etika mengakses informasi dan alat pembelajaran. 2) Meningkatkan kemampuan pendidik untuk membuat Lembar Aktivitas Siswa yang imajinatif dan menarik. Guru akan belajar cara membuat konten yang menarik dan menggunakan fitur Book Creator, dan 3) Guru dibimbing dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas yang relevan dengan lingkungan belajar dan didorong untuk bekerja sama dalam kelompok diskusi untuk berbagi ide dan pengalaman
Downloads
References
Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., Fajar Nugroho, O., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.
Bea Hana Siswati, Suratno, S. H. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Kolaboratif di Ma Nurul Islam Silo Jember. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 3993–4006.
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118–128. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Fathirma’ruf, F., Budiman, B., & Taufik, T. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan Dan Teknologi Informasi Untuk Mendukung Kemajuan Pariwisata Kab. Dompu. Media Bina Ilmiah, 14(2), 2069. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.307
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Fitriyani, & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review. Jurnal Dikod, 1(1), 13–20.
Frijuniarsi, N., Niswati, Z., & Marlina, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(04), 444–450.
Hardianti, R. D., Pamelasari, S. D., Wusqo, I. U., Savitri, N., & Yanitama, A. (2021). Pelatihan dan Fasilitasi Publikasi Hasil PTK pada Jurnal Terakreditasi SINTA bagi Guru MGMP IPA Kota Semarang Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Semarang senantiasa mengembangkan empat dimanfaatkan guru untuk melakukan Salah. Indonesia Journal of Community Empowerment, 1(2), 33–40.
Purwanti, P., & Bhakti, Y. B. (2023). Pendampingan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas di Mgmp Fisika Kabupaten Karawang. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(04), 477–484.
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Ardiansyah, Lalu Parhanuddin, Armin Subhani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









